Selasa, 26 Oktober 2010

Rupiah Siap Tembus 8.900

JAKARTA, KOMPAS.com — Pengamat pasar uang, Irfan Kurniawan, memperkirakan rupiah akan kembali naik hingga menembus level Rp 8.900 per dollar AS, apabila tidak ada yang menghalangi pergerakannya.

"Penguatan rupiah yang terus terjadi hingga mendekati level Rp 8.900 per dollar AS karena aliran dana asing yang masuk makin kuat," katanya di Jakarta, Senin (25/10/2010). Rupiah pada Senin naik 23 poin menjadi Rp 8.902 per dollar AS.

Irfan Kurniawan, yang juga analis PT First Asia Capital, mengatakan, peluang untuk menembus level Rp 8.900 per dollar AS sangat besar, apalagi minat pelaku asing bermain di pasar saham semakin besar. "Kami optimistis rupiah akan dapat menembus level Rp 8.900 per dollar AS apabila Bank Indonesia (BI) tidak intervensi pasar," ujarnya.

Bank Indonesia, lanjut Irfan, khawatir terhadap kenaikan rupiah, apabila menembus batas psikologis Rp 8.900 per dollar AS, maka kenaikannya kemungkinan akan berlanjut. "Karena itu, BI dalam beberapa hari ini aktif melepas rupiah dan membeli dollar AS untuk menahan laju kenaikan mata uang Indonesia tersebut," ucapnya.

Meskipun demikian, kata Irfan, apabila faktor positif makin kuat kemungkinan BI akan membiarkan rupiah menguat dan pada saatnya akan masuk guna menekan rupiah kembali di atas Rp 8.900 per dollar AS. "Rupiah hanya tinggal selangkah saja untuk bisa ke level Rp 8.900 per dollar AS," ujarnya.

Ekonomi Indonesia, menurut dia, memang bertumbuh tinggi seperti China dan India, tetapi proses investasi di dalam negeri masih lebih lama dibandingkan dengan China. "Karena itu, pemerintah harus lebih terbuka dan memberikan insentif kepada pelaku asing dalam mendorong mereka lebih aktif bermain di pasar domestik," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar